Temukan

Jumat, 02 Maret 2012

SILABUS PKN 5

S I L A B U S Sekolah : SD Negeri 106802 PKn Kelas V bkg for education Erlangga Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Kelas/Semester : V / 1 Standar Kompetensi : 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Penilaian Bahan/ alat Belajar Sumber Belajar 1.1. Mendekripsikan Ne- Gara Kesatuan Republik Indonesia Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia 1. Menjelaskan terbentuknya wilayah NKRI 2. Menjelaskan perkem bangan wilayah NKRI 3. Memumpuk rasa cinta tanah air 1. Mencari informasi tentang NKRI 2. Menciptakan persatuan dan ke – satuan NKRI 3. Mendiskusikan pentingnya cinta tanah air - Tes tertulis, sikap, dan perbuatan - Hasil kerja 1. Teks lagu”Dari Sabang sampai Merauke” 2. Gambar peta Indonesia 3. Daftar Provinsi NKRI Buku PKn kelas V Bkg for education Erlangga Hal: 1-8 1.2. Menjelaskan penting nya keutuhan Negara Kesatuan RI Keutuhan NKRI 1. Menjelaskan penting- nya keutuhan NKRI 2. Menjelaskan secara lisan meupun tertulis tentang manfaat ke – utuhan negara 1. Mencari Informasi tentang pen - tingnya keutuhan NKRI 2. Diskusi tentang pentingnya mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia 3. Tanya jawab antar siswa, dan guru - Tes tertulis, sikap,dan perbuatan 1. Gambar Suasana Pertempuran me- lawan penjajah 2. Gambar Tokoh pahlawan Proklama tor. 3. Gambar Suasana musyawarah ke – Las. Buku PKn kelas V bkg For education Erlangga Hal. 8 - 13 1.3. Menunjukkan contoh contoh perilaku da – lam menjaga keutuh- an Negara Kesatuan RI Perilaku dalam menjaga Keutuhan NKRI 1. Menjelaskan contoh prilaku dalam menjaga keutuhan NKRI 2. Menceritakan beberapa usaha yang ingin membubarkan NKRI 3. Menjelaskan perjuang an para tokoh dalam menjaga keutuhan NK RI. 1. Membuat daftar contoh prilaku menjaga keutuhan NKRI 2. Membuat cerita singkat tentang kegiatan yang dilakukan oleh PKI, Permesta, GAM, dan lain-lain 3. Mencari Informasi tentang tokoh -tokoh pahlawan dalam menegak- kan NKRI 4. Mencatat perjuangan tokoh-tokoh pahlawaan bangsa. 5. Menciptakan suasana gotong ro - yong - Tes tertulis, sikap,dan perbuatan - Hasil kerja 1. Gambar Tokoh-tokoh pahlawan Bangsa 2. Gambar Keragaman suku bangsa 3. Gambar Suasana gotong royong Buku PKn kelas V Bkg for education Erlangga hal 14-21 S I L A B U S Sekolah : SD Negeri 106802 PKn Kelas V bkg for education Erlangga Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Kelas/Semester : V / 1 Standar Kompetensi : 2. Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Penilaian Bahan/ alat Belajar Sumber Belajar 2.1. Menjelaskan penger- tian dan pentingnya Peraturana per- undang-undangan Tingkat pusat dan daerah Peraturan perundang – undangan tingkat pusat 1. Menjelaskan pengerti an peraturan tingkat pusat. 2. Menjelaskan pentinganya peraturan bagi kehidupan manusia 3. Menjelaskan urutan perundangan-undangan dari yang tertinggi sampai yang terendah 1. Mencari Informasi tentang per- undang-undangan tingkat pusat 3. Diskusi atau tanya jawab tentang pentingnya peraturan 4. Membuat bagan urutan perundangpundangan di Indonesia Tes lisan, Tes tertulis Tes perbuatan Hasil kerja Gambar - Gedung Sekolah - Gedung MPR - Rambu lalu lintas - Buku UU tingkat pusat - Buku PKn kelas V bkg for educa- tion Erlangga Hal. 25 - 34 Peraturan perundangan Undangan tingkat daerah 1. Menjelaskan penger - tian peraturan tingkat daerah. 2. Menceritakan tentang peraturan tingkat da – erah 1. Mencari informasi tentang per- undang-undangan tingkat daerah 2. Menceritakan tentang perundang undangan tingkat daerah. Tes lisan Tes tertulis Tes perbuatan Hasil kerja Gambar - Sidang DPRD - Ruang bebas rokok - Buku UU tingkat daerah - Buku PKn kelas V bkg for educa – tion Erlangga Hal : 34 - 38 2.2. Memberikan contoh Peraturan perundang Undangan tingkat pusat dan daerah, se- perti pajak, anti ko – rupsi, lalu lintas,la- rangan merokok. Peraturan perundangan undangan tingkat pusat dan daerah 1. Menjelaskan penger - tian peraturan tingkat daerah. 2. Menyebutkan contoh peraturan tingkat daerah 2. Menceritakan tentang peraturan tingkat pu sat dan daerah 1. Mencari informasi tentang per- undang-undangan tingkat daerah 2. Membuat daftar di bukunya tentang contoh peraturan tingkat pusat 3. Menceritakan tentang perundang undangan tingkat daerah. 4. Mendiskusikan proses Pembuat an peraturan pusat dan peraturan daerah Tes lisan Tes tertulis Tes perbuatan Hasil kerja Gambar - Prosesn pembuatan UU Gambar - Papan larangan membuang sampah Gambar -Papan larangan merokok - Buku UU tingkat pusat dan daerah - Buku PKn kelas V bkg for educa – tion Erlangga Hal : 34 - 38 ……………………………….. S I L A B U S Sekolah : SD Negeri 106802 PKn Kelas V bkg for education Erlangga Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Kelas/Semester : V / 2 Standar Kompetensi : 3. Memahami kebebasan berorganisasi. Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Penilaian Bahan/ alat Belajar Sumber Belajar 3.1. Mendeskripsikan pengertian organisasi Kebebasan berorganisasi 1. Menjelaskan pentingnya organisasi 2. Menyebutkan manfaat organisasi 3. Memberi contoh-con- toh kebebasan beror – ganisasi 1. Mendiskusikan pengertian orga- nisasi 2. Mencatat manfaat organisasi 3. Mendikusikan cara memilih peng urus organisasi 5. Mencatat tugas-tugas pengurus organisasi - Tes tertulis - Tes skala sikap - Hasil kerja Gambar - Struktut organaisasi Buku PKn kelas V bkg education Erlangga Hal : 55 - 62 3.2. Menyebutkan contoh organisasi dilingkung an sekolah dan masya rakat Organisasi sekolah 1. Mampu menjelaskan organisasi di lingkung an sekolah 2. Menunjukkan peran serta organisasi di se- kolah 1. Mendata organisasi-organisasi yang ada di sekolah 2. Mendiskusikan organisasi seko - lah yang sangat diperlukan - Tes tertulis - Tes skala sikap - Hasil kerja Gambar - Kegiatan UKS - Kegiatan Pramuka Buku PKn kelas V bkg for education Erlangga Hal. 63 - 70 3.3. Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah Organisasi sekolah 1. Menjelaskan organisasi dilingkung an sekolah, dan lingkungannya 2. Menunjukkan peran serta organisasi di sekolah 3. Memilih pengurus organisasi di kelas dengan benar 1. Mendiskusikan dalam memilih pengurus organisasi di sekolah 2. Bermain peran tentang cara memilih pengurus organisasi kelasnya - Tes tertulis - Tes skala sikap - Hasil kereja Gambar : - Suasana penghitungan suara - Kegiatan kerja bakti di kelas - Kegiatan ekstrakurikuler. Buku PKn kelas V bkg for education Er – Langga Hal : 71-79 ……………………………….. S I L A B U S Sekolah : SD Negeri 106802 PKn Kelas V bkg for education Erlangga Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan Kelas/Semester : V / 2 Standar Kompetensi : 4. Memahami keputusan bersama. Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Penilaian Bahan/ alat Belajar Sumber Belajar 4.1. Mengenal bentuk-ben tuk keputusan ber – sama. Bentuk-bentuk keputusan bersama 1. Menderfinisikan ke - putusan bersama. 2. Menjelaskan bentuk- bentuk keputusan ber- sama. 3. Menyebutkan contoh keputusan bersama dalam kehidupan sehari-hari 1. Mendikusikan cara-cara memper oleh keputusan bersama 2. Menuliskan semua hasil diskusi 3. Menyimpulkan hasil diskusi ten- tang tata teertib sekolah - Tes tertulis - Tes lisan - Hasil kerja - unjuk kerja - Teks Tata Tertib sekolah - Teks Janji Siswa Buku PKn kelas V bkg education Erlangga Hal : 84 - 92 4.2. Mematuhi keputusan bersama Melaksanakan keputusan bersama 1. Menunjukkan sikap mematuhi keputusan bersama 2. Melaksanakan keputusan bersama dalam kehiidupan sehari-hari 1. Membuat daftar kegiatan sehari-hari di rumah seuai aturan yang telah ditentukan 2.Membuat daftar kegiatan sehari-hari di sekolah seuai aturan yang telah ditentukan 3. Mencatat setiap pelanggaran yang dilakukan selama sehari si sekolah - Tes tertulis - Tes lisan - Hasil kerja -Proses - Teks Tata Tertib sekolah - Teks Tata Tertib Kelas Buku PKn kelas V bkg education Erlangga Hal : 93 - 97 Helvetia, 20 Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar