Temukan

Jumat, 02 Maret 2012

RPP MM 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 1 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 1. melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Menggunakan sifat operasi hitung Indikator : • Menentukan nilai pengganti huruf pada soal • Melengkapi operasi hitung I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Melengkapi operasi hitung II. Materi Pembelajaran Bilangan bulat III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 1-3 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Meminta siswa untuk menjawab pertanyaan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang dibahas • Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar) 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang cara mencari nilai pengganti huruf 2. Secara berkelompok siswa mengerjakan soal tentang cara mencari nilai pengganti huruf, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 4-6 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang operasi hitung 2. Secara berkelompok siswa mengerjakan soal operasi hitung, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 3-10) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 10 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 1 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 1. melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Menggunakan sifat operasi hitung Indikator : • Menuliskan hasil operasi hitung • Mengubah soal cerita ke dalam bahasa matematika I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Melengkapi operasi hitung dan mengubah soal cerita menjadi bahasa matematika II. Materi Pembelajaran Bilangan bulat III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 7-8 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang operasi hitung 2. Secara berkelompok siswa mengerjakan soal operasi hitung, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 9-10 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang soal cerita 2. Secara berkelompok siswa mengubah soal cerita ke dalam bahasa matematika, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 10-13) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 12 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 1 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 1. melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Melakukan pembulatn dan penaksiran hasil operasi hitung Indikator : • Mengenal aturan pembulatan bilangan • Melakukan taksiran atas dan taksiran bawah I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Menerapkan aturan pembulatan bilangan dan melakukan taksiran atas atau bawah II. Materi Pembelajaran Bilangan bulat III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 11-12 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang aturan pembulatan bilangan 2. Secara berkelompok siswa mengerjakan soal pembulatan bilangan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 13-14 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang taksiran bilangan 2. Secara berkelompok siswa melakukan taksiran atas dan bawah, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 13-18) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 18 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 1 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 1. melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Mengenal faktor prima dan faktorisasi prima Indikator : • Menentukan faktor prima dari bilangan prima tertentu • Mencari faktor prima dari bilangan tertentu • Menentukan faktorisasi prima I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Menentukan faktor prima dan faktorisasi prima II. Materi Pembelajaran Bilangan bulat III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 15-17 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang faktor prima 2. Secara berkelompok siswa mencari faktor prima dari bilangan tertentu, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 18-20 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang faktorisasi prima 2. Secara berkelompok siswa melakukan melakukan faktorisasi prima, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 19-21) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 19 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 1 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 1. melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Menjelaskan KPK dan FPB Indikator : • Menentukan KPK dan FPB dari bilangan tertentu I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Mencari KPK dan FPB II. Materi Pembelajaran Bilangan bulat III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 21-23 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang KPK 2. Secara berkelompok siswa mencari KPK dari bilangan tertentu, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 24-26 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang FPB 2. Secara berkelompok siswa mencari FPB dari bilangan tertentu, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 21-27) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 26 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 1 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : melakukan operasi hitung yang melibatkan satuan waktu Indikator : • Menghitung lama kegiatan dengan menggunakn jam ..I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Menggunakan jam untuk menghitung lama kegiatan II. Materi Pembelajaran Geometri dan pengukuran III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 27-29 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang waktu 2. Secara berkelompok siswa menghitung lama waktu, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 30-31 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang penjumlahan dan pengurangan waktu 2. Secara berkelompok siswa menjumlahkan dan mengurangkan waktu, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 39-45) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 44 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 1 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : melakukan pengukuran sudut Indikator : • Mempraktekkan pengukuran sudut dengan busur I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Melakukan pengukuran sudut dengan busur II. Materi Pembelajaran Geometri dan pengukuran III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 32-33 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang pengukuran sudut 2. Secara berkelompok siswa menentukan dan menaksir sudut, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 33-34 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang menggambar sudut 2. Secara berkelompok siswa menggambar dan mengukur sudut dengan busur, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 45-51) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 49 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 1 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Mengenal satuan jarak dan kecepatan Indikator : • Menghitung jarak antar lokasi • Menghitung kecepatn kendaraan melaju I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Menghitung jarak dan kecepatan II. Materi Pembelajaran Geometri dan pengukuran III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 36-38 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang jarak 2. Secara berkelompok siswa menentukan jarak antar lokasi, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 39-40 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang kecepatan kendaraan 2. Secara berkelompok siswa menghitung kecepatan kendaran berjalan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 51-57) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 57 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 1 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Memahami satuan dengan dimensi lebi dari satu Indikator : • Menghitung luas bangun • Menghitung volume bangun ruang I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Menghitung luas dan volume bangun ruang II. Materi Pembelajaran Geometri dan pengukuran III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 41-43 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang luas bangun 2. Secara berkelompok siswa menghitung luas bangun pada gambar, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 44-45 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang volume bangun ruang 2. Secara berkelompok siswa menghitung volume bangun ruang, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 57-66) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 67 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 1 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar Indikator : • Menghitung luas pekarangan rumah I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Menghitung luas pekarangan II. Materi Pembelajaran Geometri dan pengukuran III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 46-47 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang luas bangun datr 2. Secara berkelompok siswa menghitung luas bangun datar pada gambar, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 48-49 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang luas pekarangan rumah 2. Secara berkelompok siswa menghitung luas pekarangan rumah, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 67-71) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 69 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 1 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok Indikator : • Menghitung volume bak mandi I. Tujuan Pembelajaran • Peserta didik dapat : • Menghitung volume balok II. Materi Pembelajaran Geometri dan pengukuran III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 50-52 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang volume bangun ruang 2. Secara berkelompok siswa menghitung volume bangun ruang, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 53-54 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang volume balok 2. Secara berkelompok siswa menghitung volume bak mandi, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/Bahan/Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 71-73) VI. Penilaian : a. Mengerjakan soal latihan halaman 72 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 2 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 3. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal dan sebaliknya Indikator : • Mengubah bilangan-bilangan menjadi persen I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Mengubah pecahn ke dalam bentuk persen II. Materi Pembelajaran Pecahan III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan C. Pertemuan Ke 55-57 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang peecahn biasa dan campuran 2. Secara berkelompok mengubah pecahn biasa dan campuran ke dalam bentuk desimal, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR D. Pertemuan Ke 58-60 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang penyederhanaan pecahan 2. Secara berkelompok siswa mengubah persen menjadi pecahn dan menyederhanakannya, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR E. Pertemuan Ke 61-63 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang persentase dari jumlah benda 2. Secara berkelompok siswa menentukan persentase dari jumlah benda, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 81-85) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 84 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 2 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 3. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Membandingkan dua pecahan Indikator : • Mengubah bilangan-bilangan menjadi persen I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Mengubah pecahan ke dalam bentuk persen II. Materi Pembelajaran Pecahan III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 64-67 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang pecahan sejenis 2. Secara berkelompok menyebutkan pecahn sejenis, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 68-70 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang pecahan tidak sejenis 2. Secara berkelompok siswa menyebtukan pecahan tidak sejenis, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 86-88) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 89 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 2 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 3. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan-bilangan pecahan Indikator : • melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahn berpenyebut sama • melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahn berpenyebut tidak sama • mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan II. Materi Pembelajaran Pecahan III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 71-73 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahn berpenyebut sama 2. Secara berkelompok siswa melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahn berpenyebut sama, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 74-75 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahn berpenyebut tidak sama 2. Secara berkelompok siswa melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahn berpenyebut tidak sama, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR C. Pertemuan Ke 76-77 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang pecahan campuran dan pecahan biasa 2. Secara berkelompok siswa mengubah pecahan campuran dan pecahan biasa, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 90-111) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 110 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 2 Pertemuan Ke- : 78-84 Alokasi Waktu : 14 x 35 menit Standar Kompetensi : 3. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : Menjelaskan perbandingan dan skala Indikator : • menuliskan perbandingan terkecil • menentukan skala gambar I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Menentukan perbandingan dan skala II. Materi Pembelajaran Pecahan III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 78-81 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang perbandingan 2. Secara berkelompok siswa menentukan perbandingan terkecil, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 82-84 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang skala 2. Secara berkelompok siswa menghitung skala gambar, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 112-115) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 115 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 2 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antarbangun Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sifat bangun datar Indikator : • Menghitung jumlah sudut segitiga • Menggambar persegi dan persegi panjang • Menggambar trapesium • Menggambar jajaran genjang • Menggambar layang-layang • Menggambar lingkaran I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Menggambar bangun datar II. Materi Pembelajaran Sifat-sifat bangun III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 85-87 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang sifat segitiga, persegi dan persegi panjang 2. Secara berkelompok siswa menggambar segitiga, persegi dan persegi panjang, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 88-90 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang sifat trapesium dan jajargenjang 2. Secara berkelompok siswa menggamabr trapesium dan jajargenjang, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR C. Pertemuan Ke 91-93 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang sifat layang-layang dan lingkaran 2. Secara berkelompok siswa menggambar layang-layang dan lingkaran, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 121-132) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 127 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 2 Pertemuan Ke- : Alokasi Waktu : Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antarbangun Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sifat bangun ruang Indikator : Menggambar macam-macam bangun ruang (prisma, tabung, limas, kerucut) I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Menggambar bangun ruang II. Materi Pembelajaran Sifat-sifat bangun III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 94-95 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang sifat prisma 2. Secara berkelompok siswa menggambar prisma, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 96-97 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang sifat tabung 2. Secara berkelompok siswa menggambar tabung, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR C. Pertemuan Ke 98-99 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang sifat limas dan kerucut 2. Secara berkelompok siswa menggambar limas dan kerucut, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 133-141) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 140 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Matematika Kelas/ Semester : V / 2 Pertemuan Ke- : 100-102 Alokasi Waktu : 6 x 35 menit Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antarbangun Kompetensi Dasar : Memahami kesebangunan dan simetri Indikator : • Membandingkan sisi-sisi bangun yang sam • Menghitung simetri putar dan lipat suatu bangun I. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat : Menggambar bangun ruang II. Materi Pembelajaran Sifat-sifat bangun III. Metode Pembelajaran Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual IV. Langkah-langkah Kegiatan A. Pertemuan Ke 100-101 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang kesebangunan bangun datar 2. Secara berkelompok siswa mempraktekkan kesebangunan bangun datar, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR B. Pertemuan Ke 102 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang kesimetrian bangun datar 2. Secara berkelompok siswa mempraktekkan kesimetrian bangun datar, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR C. Pertemuan Ke 98-99 Pendahuluan : 1. Apersepsi : • Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya • Mengingat kembali materi sebelumnya. 2. Pemberian Motivasi Kegiatan Inti : 1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang sifat limas dan kerucut 2. Secara berkelompok siswa menggambar limas dan kerucut, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. 3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar Penutup : 1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan 2. Guru memberikan tugas atau PR V. Alat/ Bahan/ Sumber Dunia Matematika Kelas 5 SD (hal 143-153) VI. Penilaian : Mengerjakan soal latihan halaman 150 Helvetia, 20 Mengetahui, Kepala Sekolah SD Negeri 106802 Guru Bidang Studi H. CANDRA, S.Pd.I SUSI DARIANI, S.Pd NIP. 19560324 197802 1004 NIP. 19751212 200103 2001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar